Begini Profil Lengkap Muhsin, SH.MH , Sang Pengacara Asal Inhil

0
52
Foto : Muhsin SH.MH ( Sumber : Google )

INDRAGIRI.com  – Muhsin, S.H., M.H., advokat dan konsultan hukum dengan berbagai lingkup aktifitas. Saat ini bekerja sebagai professional advokat & konsultan hukum pada Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), beliau juga tergabung di Lembaga Bantuan Hukum Pemuda Indonesia sebagai Sekretaris, dan juga Lembaga Bantuan Hukum Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau.

Profesi hukum digeluti sejak tuntas pendidikan hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru (2015). Mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokad di Pekanbaru (2016). Praktik hukum dilakoni berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia Nomor KEP.04.0131/ADV/PERADI/DPN/VII/2017.

Muhsin atau yang akrab sekali dipanggil Uchein lahir pada tanggal 14 Juli 1978 di Tembilahan dengan julukan Negeri Seribu Parit, beliau asli Putra INHIL.

Uchein dibesarkan dan hidup dari keluarga yg penuh kesederhanaan, untuk mendapatkan karier yang sekarang ini tidak lah mudah didapatkannya, penuh perjuangan dengan bermodalkan tekad dan kemauan maka samapailah saat ini, “Pedidikan tak akan pernah bohong dengan hasilnya” itu yg selalu ditanamkan dalam hal menutut ilmu demi peningkatan kariernya.

Dalam menjalani profesi advokatnya, Uchein selalu menjunjung tinggi untuk para pencari keadilan baik perkara pidana maupun perdata, baik yang untuk di pengadilan negeri maupun pengadilan agama semua di gelutinya dengan penuh semangat, karna dengan Implementasi dilapangan akan di padukan dengan teori-toeri yg ada maka perpaduan ini lah yg selalu disampaikannya di dalam kampus Universitas Islam Indragiri di Fakultas Hukum tempat beliau memberikan pengajaran sebagai tenaga pendidik yaitu Dosen.

Beliau merupakan alumni yg mengabdikan diri di Fakultas Hukum Universitas Islam Indragiri (UNISI) kiprahnya sebagai Pengacara tidak bisa dianggap sebelah mata, di karenakan ilmu dan keberaniannya ditambah dengan percaya dirinya sebagai seorang asli putra daerah Inhil ini mampu bekompetisi dalam hal penegakan Hukum untuk para pencari keadilan.

Uchein yang juga dikenal supel dalam pergaulannya dan selalu berbagi pengalaman membuatnya dikenal baik dikalangan Mahasiswa, sahabat dan sesama rekan pengacara/advokat baik yg ada di Inhil maupun di luar Inhil.

Uchein memang menggemari profesi hukum semenjak bersekolah di kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Di sanalah Uchein menyelesaikan pendidikan mulai dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi Strata-1 (S1) Fakultas Hukum Universitas Islam Indragiri Hilir (UNISI) dan melanjutkan Pendidikan Magister Hukum di Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru dengan konsentrasi hukum tata negara (lulus 2015).

Sempat meniti karir sebagai karyawan Reseptionis di Perhotelan (2008), Staf Dishub dan Kominfo Kabupaten Indragiri Hilir (2012), Staf Yayasan Tasik Gemilang (2015) dan Dosen tetap Universitas Islam Indragiri Hilir (UNISI) Tembilahan hingga sekarang.

Uchein juga aktif di berbagai organisasi seperti BPOC Kabupaten Indragiri Hilir, Pengurus IKA SMEA/SMK 01 Tembilahan, Baladhika Karya Kabupaten Indragiri Hilir, Lembaga Banjar Dahas Hangit , Kesemua ormas tersebut mendapat kedudukan yg penting khusus untuk bidang advokasi.

Uchein menikah dengan Syarifah Arma Yunita,SE (2005) dan dikaruniai 3 orang anak bernama Muhammad Rafly Syahbani, Kayla Olivia Andini dan M. Fardhan Al Hasbi.

Bagi Uchein, mereka adalah buah hati sibiran tulang, merujuk pepatah melayu. Mereka adalah putra putri kehidupan, menyitir sang Kahlil Gibran. Untuk mereka itu, mereka yang berhak atas jerih payah dan kasih sayangku, yang menghangatkan dinamisnya berkeluarga dan perjalanan hidup melakoni skenario Sang Khalik, “do the best and be the winner”. Namun berusaha menjalani pekerjaan hukum dengan caranya sendiri:  “lawyering with heart”. Sepenuh hati !!!

Biodata Muhsin

Nama Lengkap              : Muhsin
Nama Panggilan            : Uchein
Tempat & Tanggal Lahir : Tembilahan, 14 Juli 1978
Profesi                          : Advokad dan Dosen
Agama                          : Islam
Istri                               : Syarifah Arma Yunita, SE
Anak                             : M.Rafly Syahbani
Kayla Olivia Andini
M. Fardhan Al Hasbi

Pendidikan :
• TK Bhayangkari Tembilahan
• SDN 003 Tembilahan
• MTSN O94 Tembilahan
• SMKN 01 Tembilahan
• S1 (Sarjana Hukum) Fakultas Hukum Universitas Islam Indragiri Hilir (UNISI) Tembilahan
• S2 (Magister Hukum) Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru

Karir:
• Karyawan Reseptionis di perhotelan
•Staf Dishub dan Kominfo Kabupaten Indragiri Hilir
• Staf Yayasan Tasik Gemilang
• Dosen Tetap Fakultas Hukum Universitas Islam Indragiri Hilir (UNISI) Tembilahan
• Wakil Sekretaris Baladhika Karya Kabupaten Indragiri Hilir
• Sekretaris Lembaga Bantuan Hukum Pemuda Indonesia
• Anggota Lembaga Bantuan Hukum Tembilahan

Alamat :

Jalan Batang Tuaka Gg Rindang Permata No. 88 Kelurahan pekan arba, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.