6 Tips Cerdas Memilih Baju Lebaran

0
89

INDRAGIRI.comLIFESTYLE Saat menjelang lebaran, sudah menjadi tradisi yang selalu dilakukan orang Indonesia untuk membeli baju lebaran. Meski banyak yang mengatakan bahwa hari raya tak mesti baju baru, namun tentu akan terasa ada yang kurang tanpa tradisi yang satu ini.

Ketika kamu hendak membeli baju baru, kamu pasti menghadapi beberapa keputusan yang membingungkan. Banyak pilihan yang akan muncul di pikiran untuk memilih baju murah dalam jumlah banyak atau memilih baju bermerek mahal dalam jumlah sedikit. Begitu pula dengan model dan motif yang akan digunakan.

Berikut beberapa tips memilih baju lebaran

  • Ketahui apa yang kamu inginkan

Sebelum membeli baju, hendaknya kamu melakukan semacam riset atau survei kecil terkait baju lebaran yang ditawarkan di pasaran. Kamu bisa bertanya kepada teman bermain dan rekan kerja untuk membicarakan tren baju lebaran saat ini. Atau jika gengsi berbicara soal busana dengan orang lain, kamu bisa memanfaatkan internet sebagai ide fashion lebaran. Tentukan model dan warna yang sesuai dengan selera hati serta usahakan budget kamu cukup untuk memilih model yang kamu inginkan.

  • Jangan terbujuk diskon

Pakaian yang dibanting harganya secara besar – besaran perlu dilihat juga kualitasnya. Pastikan kualitas yang dimiliki baju sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan pernah memaksakan diri untuk membelinya hanya karena harga yang di tawarkan jauh lebih murah dari hari biasa. Bisa jadi alasan toko menjual baju tersebut dengan harga murah karena baju tersebut merupakan stok lama, terdapat cacat, atau modelnya sudah ketinggalan zaman dan tidak laku dijual.

  • Jangan terburu – buru untuk membeli

Ada kalanya seseorang memborong baju saat menjelang lebaran hanya karena menuruti keinginan. Banyak juga orang yang menyesal karena banyak menghabiskan uang sedangkan sebagian besar pakaiannya tidak terpakai karena tidak begitu dibutuhkan. Jadi sebelum memilih pakaian yang akan digunakan harus dipikir terlebih dahulu agar tidak menimbulkan penyesalan di akhir.

  • Jangan menjadi korban mode

Memilih model baju yang lagi ngetren dan ngehits saat ini membang baik. Namun yang perlu kamu perhatikan bahwa model terbaru belum tentu cocok untuk semua orang. Pilihlah baju yang sesuai dengan karakter dan postur tubuh yang kamu miliki. Untuk menyambut momen lebaran, kamu harus memilih model yang sopan dan rapi agar membuat kamu tampil menarik di hadapan keluarga, kerabat, dan teman dekat.

  • Hindari baju sekali pakai

Alangkah lebih baik jika kamu tidak memilih baju yang bersifat one-timed dress atau baju yang mungkin hanya bisa digunakan satu kali saja saat lebaran. Hal ini merupakan hal yang tidak baik karena akan menambah tumpukan baju di lemari karena jarang digunakan. Selain buang – buang uang, dengan model semacam ini tidak bisa kamu manfaatkan untuk melengkapi gayamu di kesempatan waktu lain.

  • Pilih baju yang sesuai

Pastikan kamu memilih baju yang tepat dan cocok dengan tubuh kamu serta tidak ketat dan tidak tipis. Jangan pernah berfikiran untuk membeli baju yang berukuran lebih kecil karena alasan kehabisan stok atau mengikuti tren fashion yang sedang tenar. Pakaian dengan ukuran kecil dan ketat membuat kamu menjadi pusat perhatian karena mengenakan baju yang tidak pantas dan terlalu membuka aurat. (*)

 

Sumber : Prelo