Rumus Mematikan Sifat Malas | Dr. Shabri Shaleh Anwar, M.Pd.I

IDENTITAS BUKU

Judul : Rumus Mematikan Sifat Malas
Pengarang : Dr. Shabri Shaleh Anwar, M.Pd.I
Penerbit : PT. Indragiri Dot Com
Tahun Terbit : 2017
Tebal Halaman : 84

Dapatkan di Play Store Google
atau Klik >> DOWNLOAD

INDRAGIRI.com, BOOK – Malas dan rajin seperti dua sisi mata uang yang akan tetap ada dalam diri manusia. Ia dapat bangkit dan juga runtuh. Tergantung bagaimana seseorang mengelola dan berjuang untuk meredam sifat malas dan membangkitkan sifat bersungguh-sungguh (semangat).

Islam sendiri melihat malas dan semangat seperti dua sisi mata uang yang ada di dalam diri manusia; sebagaimana hadits Rasulullah SAW; Dari Mujahid, ia berkata, aku dan Yahya bin Ja’dah pernah menemui salah seorang Anshar yang merupakan sahabat Rasulullah SAW, ia berkata; para sahabat Rasul membicarakan bekas budak milik Bani ‘Abdul Muthollib. Ia berkata bahwa ia biasa shalat malam (tanpa tidur) dan biasa berpuasa (setiap hari tanpa ada waktu luang untuk tidak puasa).

Nabi SAW pun bersabda; “Akan tetapi aku tidur dan aku shalat malam. Aku pun puasa, namun ada waktu bagiku untuk tidak berpuasa. Siapa yang mencontohiku, maka ia termasuk golonganku. Siapa yang benci terhadap ajaranku, maka ia bukan termasuk golonganku. Setiap amal itu ada masa semangat dan ada masa malasnya. Siapa yang rasa malasnya malah menjerumuskan pada bid‟ah, maka ia sungguh telah sesat. Namun siapa yang rasa malasnya masih di atas ajaran Rasul, maka dialah yang mendapat petunjuk.” (HR. Ahmad 5: 409)

Dari riwayat hadits di atas menunjukkan bahwa malas dan semangat (rajin) dalam beramal dapat bangkit dan runtuh dalam diri seorang manusia. Sehingga malas dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu (1) malas yang terpuji (Masih dalam sunnah ‘Petunjuk Nabi’). (2) Malas yang tercela (Keluar dari sunnah ‘Petunjuk Nabi’).

Buku ‘Rumus Mematikan Sifat Malas’ ini merupakan hadiah dari penulis bagi siapa saja yang ingin meruntuhkan sifat malas dalam dirinya. Mematikan sifat malas adalah meruntuhkan sifat malas dan menggantinya dengan sifat bersungguh-sungguh dalam segala aktivitas kehidupan. Sebab semangat (rajin) dan malas adalah sifat yang terus bergerak mengiringi jalan kehidupan setiap manusia. Beruntunglah orang yang dapat membangkitkan sifat bersungguh-sungguh dalam kebaikan pada dirinya dan rugilah orang yang tak mampu meruntuhkan sifat malas di dalam dirinya, semoga bermanfaat. (Az)

Sudirman Anwar

Sudirman Anwar

SUDIRMAN ANWAR, M.Pd.I, CHt. CI adalah Komisaris PT. INDRAGIRI DOT COM, General Manager di VIOLET PSIKOLOGI KONSULTAN, Lembaga yang bergerak di bidang KONSULTAN PSIKOLOGI, Mengajar di beberapa Perguruan Tinggi Riau dan Kepri. Selain itu ia juga Praktisi Hypnoterapi yang telah menulis beberapa buku di bidang pendidikan dan Hypnosis.