SMPN 2 Batang Tuaka : Perpisahan Bukanlah akhir Segalanya

0
20
foto : Kepala Sekolah SMPN 2 Batang Tuaka

INDRAGIRI.com, Sungai Luar – SMPN 2 Batang Tuaka merupakan salah satu SMP Negeri  yang berada di Kecamatan Batang Tuaka Desa Sungai luar, terletak dipinggiran kota Tembilanan Kabupaten Indragiri Hilir Riau yang juga  berbatasan dengan Desa Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka.

Pada Hari Rabu Tanggal 09 Mei 2018 mengadakan acara Perpisahan yang  dihadiri oleh siswa siswi kelas VII, VIII, IX, dan Majelis Guru beserta staf Tata Usaha, perpisahan ini juga dihadiri orang tua murid. Perpisahan kali berlangsung meriah dengan diisi oleh pentas seni baik dari kelas VII,VIII,IX.

Perpisahan tahun ini adalah pelaksanan pertama oleh kepala sekolah baru SMPN 2 Batang Tuaka, Elparman, SPd.  Pada awal acara  dimulai dengan  pembacaan ayat suci Alquran dan selanjutnya yaitu tari persembahan yang dibawakan oleh anak-anak kelas VII DAN VIII. kata-kata perpisahan dari siswa kelas IX dan adik kelas (Kelas VII dan VIII).

Pada penyampaian nya,  mereka sangat berterima kasih kepada guru-guru mereka yang telah mendidik mereka selama menempuh pendidikan di SMPN 2 Batang Tuaka. Menurut mereka pembinaan dan pendidikan bapak/ibu gurunya yang telah mereka terima tidak dapat terbalaskan dan mereka hanya dapat mengucapkan terima kasih. Dan mereka juga meminta maaf  kepada seluruh civitas akademik selama proses pembinaan dan pendidikan di SMPN 2 Batang Tuaka terdapat perilaku yang kurang berkenan.

Acara dilanjut dengan kata sambutan kepala sekolah SMPN 2 Batang Tuaka oleh Bapak Elparman, S.Pd, yang mengatakan bahwa siswa-siswa kelas IX yang nanti lulus diharapkan agar dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi jangan hanya tamat pada tingkat SMP saja tetapi berjuang dan berikhtiar untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya. Dalam sambutannya juga beliau berpesan kepada seluruh siswa terutama kelas IX untuk semakin giat belajar agar mampu meraih cita-cita yang lebih tinggi.

Selain itu beliau juga menyampaikan agar selalu meningkatkan disiplin dan bertanggung jawab, hal tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dengan  cara melaksanakan ibadah solat bagi kaum muslimim, solat mengajarkan kita untuk disipliln dan bertanggung jawab, disiplin artinya tepat waktu dalam melaksanakan solat, sedangkan tanggung jawab kita melaksanakan perintah Allah SWT sebagai seorang muslim.

Sehingga ketika kita telah mampu menerapkan disiplin dan tanggung jawab dalam solat kita, tentunya akan terimplementasi dalam kehidupan kita sehari-hari hendaknya.

Pada pertengahan acara diisi dengan paduan suara oleh siswa kelas IX dan persembahan tarian kelas  VII dan VIII. Acara ini cukup mendapat perhatian  karena dengan lantunan lagu-lagu yang mereka nyanyikan membawa para seluruh guru terharu dan diantara mereka ada yang meneteskan air mata sehingga memancing beberapa guru.  Namun Perpisahan sudah menjadi bagian dari kehidupan, setiap yang hidup tentu akan mengalami pertemuan-pertemuan dan tentu saja pada saatnya nanti akan berpisah. Sangat jarang ada yang siap ketika mengalami saat berpisah, terkadang “lebih baik meninggalkan dari pada ditinggalkan”. Perpisahan selalu menimbulkan rasa sedih dan ketidak nyamanan, dan hal ini sering di iringi dengan air mata.

Perpisahan selalu memberikan pelajaran yang bermakna, dimana kita dapat memahami dan menghargai arti pentingnya seseorang dan mampu memaknai hidup yang sebenarnya. Tidak perlu perpisahan diratapi secara mendalam tetapi kita perlu berikhlas diri karena dengan perpisahan ini akan membuat kita ingin selalu dekat dengan mereka dan akan menimbulkan rasa kepedulian dan perhatian sesama.

Marilah kita memaknai perpisahan ini dengan bijak, karena perpisahan bukan akhir dari segalanya tapi merupakan langkah awal membuka pintu pertemuan kita selanjutnya. Sebuah perpisahan hanyalah suatu masa atau jenjang waktu yang terputus agar kita dapat menyerahkan dan mengingat perasaan yang sempat ada dan sempat atau terjadi dalam proses kehidupan kita yang sudah berjalan.

Dan akhirnya sebuah lantunan doa mengakhiri acara perpisahan tahun ini. Selanjutnya sesi foto-foto bersama dengan para majlis guru dan siswa-siswi kelas IX. Demikan kegiatan Perpisahan SMPN 2 Batang Tuaka semoga di tahun ke depan dapat lebih ditingkatkan.

Ingatlah kata-kata berikut bahwa ” Perpisahan bukan lah berarti kalian tidak akan bertemu lagi, perpisahan hanyalah nasihat agar kalian tetap akrab saat bertemu kembali”.

 Penulis : Dewi Sattka