STAI Nurul Hidayah Selat Panjang Gelar Seminar Pendidikan

0
167
Pemateri Semina Pendidikan STAI Nurul Hidayah Selat Panjang (foto : indragiri.com)
Dr. Shabri Shaleh Anwar (foto:indragiri)

INDRAGIRI.com, MERANTI – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Hidayah Selat Panjang – Kab. Meranti Kembali Menggelar Seminar Pendidikan di Masjid Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah al-Hasanah, Jum’at (7 April 2018).

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Hidayah Selat Panjang – Kab. Meranti yang dipimpin oleh Syukron Darsyah, M.Pd.I, tidak melewatkan kesempatan melaksanakan seminar pendidikan dengan tema: ‘Wajah Baru Pendidikan Agama Islam di Era Millenial’ saat Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Provinsi Riau datang ke Kab. Meranti dalam agenda Pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Selat Panjang Kab. Meranti.

Baca Juga : STIE Syariah Bengkalis Resmi Sebagai Tuan Rumah PIOS VII

Seminar tersebut menghadirkan dua Dosen UIN Suska Pekanbaru yaitu Dr. Shabri Shaleh Anwar, M.Pd.I (Dosen Fakultas Tarbiyah jurusan PAI) dan Ade Jamaruddin, SS.,MA (Dosen Tafsir di Fakultas Ushuludin), sebagai pembicara.

Dalam sambutannya; Ketua STAI Nurul Hidayah Selat Panjang menyatakan ucapan terimakasih atas kehadiran dan kesempatan hadir di Kampus STAI Nurul Hidayah untuk memberikan pengetahuan dan motivasi berkenaan dengan pendidikan agama Islam. Beliau juga menyatakan bahwa: ‘Dengan dilaksanakannya seminar ini, diharapkan mahasiswa dapat membangun kultur akademik di lingkungan kampus khususnya di STAI Nurul Hidayah Selat Panjang, sehingga geliat pendidikan menjadi benar-benar terlaksana secara baik’ (Ujar Ketua STAI Nurul Hidayah Selat Panjang: Syukron Darsyah).

Dr. Shabri Shaleh Anwar, M.Pd.I sebagai pemateri seminar menyatakan bahwa: ‘Ada banyak ruang-ruang kosong dalam pendidikan kita yang harus diisi oleh mahasiswa dengan segera; ruang-ruang kosong tersebut diantaranya ialah ruang membaca (Malas Membaca Buku), Ruang Diskusi (Minimnya geliat diskusi diantara mahasiswa), Ruang Menulis (Rendahnya minat mahasiswa dalam menulis buku, jurnal dan lainnya), Ruang Menghafal, Ruang Adab dan Akhlak, Jadwal Belajar dan penguasaan teknologi dalam pendidikan’.

Baca Juga : Dosen ITB Kembangkan Teknologi Deteksi Petir

Beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa STAI Nurul Hidayah Selat Panjang dengan memberikan contoh-contoh tokoh-tokoh nasional dan internasional yang mencapai puncaknya karena kegemaran dalam membaca.

Ade Jamaruddin, SS.,MA yang dalam hal ini juga adalah pemateri seminar menyatakan bahwa: ‘Menguasai tekhnologi juga sangat penting untuk mempermduah mahasiswa dalam melaksanakan proses pendidikannya’. Dalam penyampaiannya ia juga memberikan kritik yang tajam kepada mahasiswa yang hanya bisa mencopy paste tugas tanpa mencantumkan catatan kakinya.

Di akhir penyampaian materi; Dr. Shabri Shaleh Anwar, M.Pd.I memberikan sebuah pantun yang membuat ratusan peserta seminar tertawa gembira. (Az)