Suhu Di Batam Ekstrem, Capai 22 Derajat Celcius

INDRAGIRI.com, BATAM – Suhu udara di Batam terasa jauh lebih dingin dari biasanya. Pemicunya adalah hujan berkepanjangan yang mengguyur dalam beberapa hari terakhir. Meskipun hujan turun tidak dengan intensitas tinggi.

Kamis (11/1) kemarin, suhu udara mininum di Batam 22,4 derajat celcius dan maksimum 26,4 derajat celcius. Sedangkan Jumat (12/1) ini, suhu udara mengalami peningkatan sebesar 23 derajat celcius. Dari data selama lima tahun terakhir, suhu maksimum rata-ratanya adalah 34,4 derajat celcius dan suhu minimum rata-ratanya 21,4 derajat celcius.

“Ini sudah mendekati ambang batas suhu ekstrem. Suhu ekstrem biasanya terjadi lima tahun sekali,” kata petugas Prakiraan Cuaca Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Hang Nadim Batam Pande Made Rony di Batam.

Batam merupakan kawasan yang berada di zona khatulistiwa dan didominasi lautan. Derah tersebut tidak memiliki suhu cuaca tetap. Untuk suhu di Kepulauan Riau (Kepri) dan sekitarnya sangat bergantung pada hujan dan tutupan awan.

Kondisi ini diprakirakan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Hujan dengan intensitas sedang masih akan mengguyur wilayah Batam dan sekitarnya. “untuk tiga hari kedepan juga akan lebih rendah dari suhu harian saat cuaca cerah. Umumnya suhu udara harian sangat dingin,” terang Rony.

Cuaca dingin seperti sekarang cukup mempengaruhi aktivitas masyarakat Batam. Jangankan untuk beraktivitas di luar ruangan. Para ibu rumah tangga yang sebagian besarm waktunya berada di rumah juga merasa kedinginan.

Salah satunya adalah Miranti, 31. Ia mengaku terus menggunakan baju tebal meskipun berada di rumah. “Dingin betul. Saya sampai tidak berani menginjak keramik. Sejuk sekali,” aku ibu satu anak yang tinggal di Tanjung Sengkuang, Batam.

Hal senada diungkapkan Rully Dian Sari, 23. Menurutnya, udara dingin dalam beberapa hari belakangan membuat air menjadi sangat dingin. Hingga membuatnya malas beraktivitas.

“Airnya dingin sekali. Saya mandi seperti menggunakan air kulkas. Minum saja saya tidak pernah pakai air kulkas. Ini malah mandi berasa pakai air kulkas,” tutur Rully. (*)

Sudirman Anwar

Sudirman Anwar

SUDIRMAN ANWAR, M.Pd.I, CHt. CI adalah Komisaris PT. INDRAGIRI DOT COM, General Manager di VIOLET PSIKOLOGI KONSULTAN, Lembaga yang bergerak di bidang KONSULTAN PSIKOLOGI, Mengajar di beberapa Perguruan Tinggi Riau dan Kepri. Selain itu ia juga Praktisi Hypnoterapi yang telah menulis beberapa buku di bidang pendidikan dan Hypnosis.