Sukseskan Pilkada 2018 Panwascam Mandah Gelar Bimtek

0
60

INDRAGIRI.com, MANDAH – Panwascam Mandah laksanakan bimbingan teknis untuk Pengawas Kelurahan / Desa dan Pengawas TPS se-Kecamatan Mandah. kegiatan ini dilaksanakan Selasa, 10 Juni 2018 pukul 13.00 di Kelurahan Khairiah Mandah, yang dihadiri oleh 101 orang Pengawas TPS dan 17 pengawas Desa/ kelurahan sebagai peserta, selain Forkompimcam juga dihadiri oleh Ketua Panwaslu Kabupten Indragiri Hilir Bapak Andang Judiantoro, SH, MH besama Kepala Sekretariat Bapak Darmaji.

Ahmad Tamimi selaku ketua Panwascam Mandah menyampaikan ungkapan bahagia karena kegiatan Bimtek kali ini dapat dihadiri lansung oleh Ketua dan kepala sekretariat panwaslu Kabupaten. Kegiatan ini merupakan penguatan pemahaman bagi sahabat pengawas di desa maupun di TPS, tujuannya agar proses pemilu dapat berjalan sesuai dg tahapan dan aturan. Dalam hal ini sebagaimana yang amanahkan undang-undang, merekalah Penjaganya. bimtek kali ini kita fokus membahas persoalan pengawasan Logistik, pemungutan dan penghitungan suara serta cara-cara penyelesaian dugaan pelanggaran di lapangan nantinya.

Dalam waktu bersamaan ia juga menitik beratkan pengawasan itu pada soal Money Politik karena pada priode lalu kita sudah membagun pondasi ini, yaitu Mandah mejadi daerah minim money politik dari kecamatan lainnya. kenapa ini perlu di jaga ketat, agar kegiatan haram ini tidak merugika calon lain, tidak membeli harga diri masyarakat, tidak membunuh akal sehat masyarakat dalam menetukan pilihan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panwaslu Kabupaten Indragiri Hilir Andang Judiantoro menyampaikan bahwa menjadi Pengawas itu merupakan tugas berat, oleh karena itu menurutnya perlu semangat dan komitmen yang kuat, di imbangi dengan pemahaman tentang pengawasan, kalau ada dugaan pelanggaran segera dokumentasi, komunikasi dan koordinasikan. dalam menjalankan tugas para panwas jangan takut karena kitalah polisinya Pemilu. ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai pukul 17.00 berjalan dengan baik diikuti oleh semua peserta secara hidmat. harapan semoga bimtek ini menjadi ajang partisipasi dalam mendewasakan demokrasi Indonesia khususnya di Inhil. (Az)