Tim Jebol Kolong Ruko Tempat Harimau Terjebak

0
109
Tim BBKSDA dan Polsek setempat sedang memetakan lokasi / Sumber Foto : Anggota Tim BBKSDA

INDRAGIRI.com, Pulau Burung – Sejak dua hari lalu seekor harimau yang terjebak di kolong perumahan warga Pulau Burung Ka. Inhil terus dipantau oleh Tim gabungan BBKSDA, TNI, Polri, BPBD.  Jumat (16/11/2018) pagi tadi, petugas memberikan seekor ayam ke harimau tersebut. Lantaran akses sempit dan sulit, petugas mesti masuk dengan cara merangkak ke bawah kolong Ruko yang hanya setinggi 75 sentimeter. Untuk bisa mendapatkan posisi ideal, petugas menjebol kolong Ruko yang terbuat dari beton.

Tujuannya, agar petugas mendapat posisi pas untuk melepas tembakan bius, sekaligus jalur evakuasi jika Harimau tersebut terkena efek bius. Alat berupa gerinda dan bor pun dipakai untuk menjebol kolong Ruko.

Sementara itu, jaring dipasang di sekeliling guna mengantisipasi Harimau kabur. ” Itu persiapan-persiapan yang dilakukan Tim. Mempersiapkan celah untuk bisa melakukan pembiusan yang efektif,” singkat Suharyono, Jumat.

Kepala Balai Besar KSDA Riau segera menurunkan Tim Rescue untuk melakukan evakuasi. Tim dipimpin langsung oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Mulyo Hutomo.

Akses menuju lokasi harus di tempuh  dengan kendaraan darat dan air. Jalur darat via Teluk Meranti terputus di Pulau Muda, Kabupaten Pelalawan, sehingga tim memutar  bergerak melalui Tembilahan.

Berbagai upaya dikomunikasikan oleh tim dengan aparat keamanan maupun aparat pemerintahan di sana, guna menjamin keberadaan Harimau tersebut dan keamanan warga yang selalu harus mengambil jarak dari si belang untuk keselamatan keduanya.

Jaring ditebar diantara kayu-kayu bawah Ruko warga untuk mengupayakan Harimau tidak lari walaupun memang pada saat itu si belang tidak dapat bergerak maju maupun mundur dari sela bangunan.

Tim melakukan pemetaan ruko empat Blok tersebut. Harimau yang telah lolos dari celah Ruko masuk ke kolong bawah di mana ketinggian kolong kurang dari 75 sentimeter. (*)