Tips Sukses Mengatur Keuangan

0
50
Ilustrasi :( foto menabung )

INDRAGIRI.com, LIFESTYLE Sebagian besar orang pastinya ingin sukses untuk mengatur keuangan. Salah satu motivasinya yaitu mau membeli berbagai barang sesuai keinginan tanpa harus berpikir sangat lama, mau beli ya tinggal beli saja. Sayangnya untuk meraih keberhasilan dalam segi financial salah satunya kiatnya yakni hidup hemat.

Mulai menabung merupakan salah satu cara untuk menghemat dan mengurangi pengeluaran yang tak penting. Seringkali ketika kita berniat menghemat justru lupa berkomitmen menjaga kestabilan uang kita. Mencatat berbagai pengeluaran merupakan salah satu tips hidup hemat.

Mencatat berbagai pengeluaran dengan detail selama sebulan sangat membantu anda untuk belajar memulai pola hidup hemat. Ketika anda membaca lagi catatan pengeluaran anda, pada saat itulah anda akan mengetahui apa saja pengeluaran yang seharusnya tak usah anda keluarkan.

Catatan ini juga berguna sebagai bahan evaluasi mengatur serta mengelola keuangan. Ketika akan membelanjakan penghasilan anda tetap prioritaskan pengeluaran rutin anda seperti biaya tempat tinggal, rumah tangga, transportasi dan keperluan makanan. Setelah membuat susunan pengeluaran rutin anda barulah menyisihkan anggaran lain.

Menyisihkan anggaran secara rutin membantu anda membuat susunan dan pembagian untuk pos pengeluaran anda sehingga tak kacau. Selain itu, anda juga mesti konsisten menabung yang mesti dicatat. Menabung adalah pengeluara rutin dan jangan menabung hanya dari sisa gajih anda pada saat ini.

Pengeluaran kita terbesar yaitu mencukupi gaya hidup. Bergaya sesuai kemampuaan kita akan menjadikan anda bebas dari pola hidup boros. Kurangi makan di kafe, nonton dan belanja barang yang kurang diperlukan. Membeli satu barang karena memang memerlukannya bukan karena untuk menutupi gengsi. Gimana Sobat, gampang sekalikan ? Tak ada yang susah di dunia ini selama anda berani mencoba dan berkomitmen melakukannya.(*)

Sumber : tren