KARIMAH (Kajian Rutin Muslimah), PC. Fatayat INHIL

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KARIMAH (Kajian Rutin Muslimah), PC. Fatayat INHIL

Kamis, 19 Januari 2023

INDRAGIRI.com, Tembilahan - Perempuan dalam Islam memiliki posis yang tak kalah penting dari kaum Laki-laki, derajat kemuliannya bahkan bisa disamakan. Hal tersebut tentunya dibangun berdasarkan pemahaman Al-Qur’an yang mengeliminir sikap tidak memanusiawikan perempuan dalam kehidupan. 


Pengurus Cabang Fatayat NU Kabupaten Indragiri Hilir rutin dalam memberikan pengajian guna memberikan kepemahaman akan pentingnya peran wanita dan berbangsa, bertanah air terlebih lagi dalam berumah tangga. 


Kegiatan tersebut rutin diberikan kepada seluruh anggota bahkan bersifat wajb, kegiatan ini diberi nama dengan KARIMAH (Kajian Rutin Muslimah) yang berisi tentang berbagai hal yang terkait dengan Perempuan pada FIQIH WANITA. 


Kegiatan ini rutin terlaksana di sekretariat PC Fatayat NU Kab. Indragiri Hilir  di H. Said Lr. Tangkuban Perahu pada setiap Sabtu sore. Antusias Pengurus baik PC maupun PAC Fatayat terlihat dalam kegiatan tersebut. Bahkan masyarakat sekitarpun turut meramaikan setiap kegiatan dilaksanakan.


Dalam kegiatan ini Fatayat Inhil menghadirkan narasumber yang memiliki kepakaran dibidangnya masing seperti Wakil Ketua I PC Fatayat NU Kab. Indragiri Hilir Hj. mardianah, Lc dan Dr. H. Najamuddin, LC., MA., Pakar Fiqih Alumni Sudan, dan masih banyak lagi.


Ketua PC Fatayat NU kab. Indragiri Hilir Siti Aisyah, S.Kom menyampaikan  kegiatan tersebut sebagai upaya menambah wawasan wanita muslimah memahami ayat ayat fiqih dalam Al-qur’an maupun dalam hadits tentang wanita.


“Kita ketahui bahwa maksud diselenggarakannya Kajian Fiqih Wanita ini adalah agar wanita muslim dapat memahami dan memaknai ayat-ayat hukum yang terdapat di dalam Al-Quran, maupun hadits hadits hukum dalam kitab kitab hadits,” ungkapnya. Siti aisyah juga menambahkan, dengan bertambahnya ketaqwaan dan keimanan maka diharapkan tercipta ketentraman dan keharmonisan hidup, baik di keluarga, beragama maupun masyarakat.


Kedepan PC. Fatayat NU akan segera membentuk PAC dari seluruh kecamatan bahkan sampai keranting. (*)