Pemdes Pekan Tua Menyalurkan Bantuan Sembako Melalui Program DMIJ Plus Terintegrasi

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pemdes Pekan Tua Menyalurkan Bantuan Sembako Melalui Program DMIJ Plus Terintegrasi

Minggu, 17 Mei 2020
Foto : Pembagian Sembako Desa PEkan Tua Kemcatan Kompas
INDRAGIRI.com, TEMBILAHAN - Wabah penyebaran virus corona (Covid-19) bukan hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga perekonomian negara.Hal ini dapat terlihat dari banyaknya para pekerja yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH), bahkan tak sedikit yang terpaksa harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Akibatnya, orang-orang kini tidak lagi memiliki pemasukan, terlebih para pekerja yang mengandalkan upah harian.

Demi menjaga ketahanan pangan warga tempatan akibat dampak dari pandemi wabah corona atau COVID-19 yang meresahkan semua daerah. Pemerintahan Desa (Pemdes) Pekan Tua, Kecamatan Kempas salurkan bantuan sembako melalui program DMIJ Plus Terintegrasi. Bantuan ini diberikan pada 502 Kepala Keluarga (KK), yang dananya bersumber dari Alokasi Dana Desa dan diserahkan kepada warga tidak mampu yang memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan, dimana masyarakat yang menerima bantuan sembako bukan penerima bantuan  seperti PKH, BPNT dan Bansos lainnya kecuali BLT Dana Desa. Dalam Pendataannya, Pemdes meminta Data yang didapat dari RT setempat.


Ibnu Sofiyan, A.Md, selaku Kades Pekan Tua mengatakan  "Berhubung ADD Desa tahun 2020 belum cair, kami  menggunakan Dana SiLPA ADD Tahun 2019 terlebih dahulu, karena bagi kami ini sangat mendesak, banyak masyarakat yang terdampak ekonominya akibat wabah Covid 19 ini.”


Kades yang menjabat untuk Periode keduanya ini bersama Tim Gugus Covid 19 Desa Pekan Tua didampingi Babinkamtibmas, Ketua BPD dan Pendamping Desa, hari ini sabtu (16/5)  menyalurkan bantuan berupa sembako untuk bulan pertama (April) dari yang dianggarkan 4 bulan. Jika Dana ADD Desa cair sebelum lebaran Kades bersama Tim Gugus Covid 19 kembali akan menyalurkan bantuan bulan Mei. 

Dalam sistem penyalurannya, Pemdes dan Tim Gugus Covid 19 Desa Pekan Tua berusaha menjalankan protokol Covid 19, dimana pembagiannya dipisah berdasarkan waktu dan tempat, tiap Dusun berbeda waktu penyalurannya, dan tiap RT per Dusun berbeda lokasi penerimaan, namun lokasi mudah di jangkau masyarakat “Perbedaan Waktu dan Tempat kami lakukan untuk menghindari kerumunan massa” tegas Pak Kades. “Adapun sembako yang diberikan terdiri dari, beras, telur, minyak goreng, dan gula pasir yang total keseluruhannya berjumlah Rp. 125.000,-. Semua sembako disediakan suplier melalui perjanjian kerja bersama TPK Desa terlebih dahulu, Pemdes dan Tim Gugus Covid 19 hanya bertugas menyalurkannya saja” terang Pak Kades. (mr)