Kecamatan GAS Luncurkan Inovasi Pelayan Siap DESA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Kecamatan GAS Luncurkan Inovasi Pelayan Siap DESA

Pak JAYEN
Jumat, 26 Maret 2021


INDRAGIRI.com, TEMBILAHAN - Kurang tertibnya administrasi Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dalam menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa sesuai dengan kewenangan desa berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta tertib dan disiplin anggaran agar pelaksanaan pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat desa dan pembinaan masyarakat desa dapat berjalan dengan maksimal.

Hal ini tentunya menjadi suatu permasalahan yang harus dicari solusinya. Oleh karena itu, perlu adanya peran Pemerintah khususnya Pemerintah pada level Kecamatan yang langsung bersentuhan dengan pemerintahan desa untuk dapat membuat terobosan-terobosan yang menjadi inovatif dalam rangka melaksanakan pelayanan, evaluasi anggaran pendapatan belanja desa yang transparan, akuntabel, partisipatif serta tertib dan disiplin dalam administrasi.


Kecamatan Gaung Anak Serka merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir. Sebagai sebuah Institusi Pemerintahan di wilayah Kecamatan, Kecamatan Gaung Anak Serka juga memiliki komitmen dalam memaksimalkan pemerintahan desa agar tertib administrasi dalam pelayanan evaluasi anggaran pendapatan dan belanja desa di kecamatan gaung anak serka kabupaten Indragiri hilir.


Untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, maka Pemerintah Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir telah membuat sebuah terobosan yang inovatif khususnya di bidang pemberdayaan, pembangunan, dan perekonomian masyarakat desa di wilayah Kecamatan gaung anak serka. Terobosan tersebut dikemas dalam sebuah Inovasi yakni Inovasi Pelayanan “SIAP DESA” yang merupakan kepanjangan dari Pelayanan Evaluasi Anggaran Pendapat dan Belanja Desa.


Inovasi Pelayanan “SIAP DESA” (Evaluasi APB Desa) Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir, dengan melibatkan Peran Serta Unsur Kecamatan, dan Pemerintahan Desa untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan pelayanan terhadap pemerintah desa untuk tertib administrasi. Hal ini, sebagai dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang berasas transparan, akuntabel, partisipatif serta tertib dan disiplin anggaran agar pelaksanaan pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat desa dan pembinaan masyarakat desa dapat berjalan dengan baik.


Untuk dapat mengakses Inovasi Siap DESA bisa klik link di sini.