BKAD Kecamatan Pelangiran Gelar Bimtek RT RW, Koord. TAPM Berikan Materi Penguatan

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BKAD Kecamatan Pelangiran Gelar Bimtek RT RW, Koord. TAPM Berikan Materi Penguatan

Jumat, 14 Juli 2023



INDRAGIRI.com, INHIL -  Siti Aisyah, S.Kom, selaku Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat menjadi narasumber bimtek RT RW se kecamatan pelangiran yang dilaksanakan oleh BKAD kecamatan pelangiran, selaku ketua BKAD yaitu Bapak Abdullah, dengan sekretaris Hasbullah dan Bendahara Wahyudi. 

Kegiatan ini didanai dari APBDES masing masing desa yang dilakukan di dua tempat terpisah pada tanggal 9 sd 10 juli 2023. Untuk wilayah eks trans dilaksanakan di balai desa pinang jaya yang diikuti oleh 9 desa eks trans (pinang jaya, wonosari, baungrejo jaya, tagagiri tama jaya, bagan jaya, saka palas jaya, intan mulya jaya, tegalrejojaya dan catur karya) dengan jumlah peserta 112 orang. 

Sementara untuk wilayah pesisir dilaksanakan di kantor desa rotan semelur yang diikuti oleh 6 desa (rotan semelur, terusan beringin jaya, tanjung simpang, hidayah, simpang kateman) dan kelurahan pelangiran dengan jumlah peserta 198 orang. 

Bimtek tersebut melibatkan beberapa narasumber dari Dinas PMD kabupaten yang diwakili oleh Kabid PKP Bapak Edi Novarizal, S. Sos, Leader DMIJ Plus Terintegrasi Bapak Syaifudin, S.Ag, Camat Pelangiran yang diwakili oleh Kasi PMD kecamatan Bapak Haji Adi Ahmad Putra, SE, M.AP dan Kapolsek Pelangiran Bapak IPTU Azwar Alwi. 

Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Siti Aisyah memberikan apresiasi kepada kades se kecamatan pelangiran dan BKAD Kec Pelangiran yang telah menganggarkan dan melaksanakan kegiatan ini. 

Bimtek ini sangat penting mengingat RT RW adalah ujung tombak dalam membantu pemerintah desa di setiap kegiatan yang ada baik itu dalam kegiatan sosial, pembangunan dan kegiatan lainnya. Fungsi pelayanan RT RW yang tidak mengenal batasan waktu, membuat RT RW harus selalu siap sedia 24 jam memberikan pelayanan kepada warganya. Dalam pengabdiannya kepada masyarakat sudah selayaknya RT RW mendapat julukan pahlawan desa, karena kerja kerasnya belum memadai jika dibandingkan dengan tunjangan yang diterima ujar Bu Siti Aisyah. 

Ketua BKAD kecamatan pelangiran, Bapak Abdullah juga berharap melalui kegiatan bimtek   ini RT RW dapat memiliki pemahaman dan peningkatan kapasitas terhadap tupoksinya serta menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah desa ke depannya dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. 

Said Zubir, Amd selaku Ketua Apdesi kecamatan Pelangiran dan sekaligus tuan rumah pelaksana kegiatan juga berpesan kepada seluruh peserta agar serius dalam mengikuti bimtek, mengingat hal ini sangat penting bagi RT RW dalam menjalankan tugas tugas kesehariannya. Dan besar harapan beliau agar di tahun yang akan datang, RT RW bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah kabupaten dan pemerintah desa dengan kebijakan yang lebih memihak seperti kenaikan tunjangan dan pendukung lainnya. (*)