IAI Ar-Risalah INHIL-RIau Taja Kuliah Umum

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

IAI Ar-Risalah INHIL-RIau Taja Kuliah Umum

Senin, 28 Agustus 2023


INDRAGIRI.com, SUNGAI GUNTUNG - Dalam rangka penguatan akademik, IAI Ar-Risalah INHIL Riau secara khusus mengundang Prof. Dr. Surachman Surjaatmadja, Guru Besar Universitas Pertahanan RI, dan ibu Siti Aisyah, S.Kom selaku Koordinator Tenaga Ahli Pendamping Desa Kab. Indragiri Hilir. Kehadiran mereka dalam rangka memberikan kuliah umum kepada Dosen dan Mahasiswa yang bertemakan "Peran Perguruan Tinggi dan Mahasiswa dalam Membangun Masyarakat Desa". Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen, Mahasiswa, dan pendamping desa dan masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan tersebut masing-masing pembicara menyampaikan pandangan mereka tentang peran penting perguruan tinggi dan mahasiswa dalam mengakselerasi pembangunan desa masyarakat di kab. Indragiri Hilir.

Dalam kuliah umum tersebut, Prof. Surachman membahas mengenai peran penting perguruan tinggi sebagai pusat pengetahuan dan inovasi dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di tingkat desa. Beliau menekankan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi, mahasiswa, dan masyarakat desa dapat menciptakan solusi-solusi kreatif yang relevan dengan kebutuhan lokal.

Siti Aisyah, dengan pengalaman langsung sebagai koordinator TA Pendamping Desa, berbicara mengenai pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam proses pembangunan desa. perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi berharga melalui program-program pengabdian masyarakat, penelitian terapan, dan pelatihan keterampilan bagi masyarakat desa. Kaloborasi seperti ini tentunya akan berdampak positif bagi pembangunan masyarakat.

Kuliah umum ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan, para dosen, serta pendamping desa. Acara ini tidak hanya memberikan wawasan baru tentang peran perguruan tinggi dan mahasiswa dalam membangun masyarakat desa, tetapi juga menjadi momen penting untuk menginspirasi para peserta agar lebih aktif berpartisipasi dalam upaya pembangunan masyarakat.

Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa dan peserta kuliah umum memiliki kesempatan untuk berdialog langsung dengan Prof. Surachman dan Siti Aisyah, S.Kom. Pertukaran ide dan pandangan ini membawa suasana penuh semangat dan memicu diskusi yang mendalam mengenai potensi kerjasama yang lebih erat antara perguruan tinggi dan masyarakat desa.(*)