Pecah Rekor, Abdul Wahid : Insyaallah PKB Riau Dapat 2 Kursi Dari Dua Dapil di Riau

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pecah Rekor, Abdul Wahid : Insyaallah PKB Riau Dapat 2 Kursi Dari Dua Dapil di Riau

Minggu, 18 Februari 2024



INDRAGIRI.com, Tembilahan - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengalami kejutan positif dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Riau I. Meskipun pada Pileg 2019, PKB tidak berhasil meraih kursi dari Dapil Riau I, namun kini, partai yang berbasis pada Nahdliyin itu berhasil memperoleh kursi ke-3 untuk DPR RI.


H. Abdul Wahid, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Provinsi Riau, menyatakan optimisme bahwa partainya akan menduduki kursi ketiga dari Dapil Riau I. Menurutnya, berdasarkan data suara yang telah masuk ke sistem, posisi kursi pertama ditempati oleh Partai Golkar, diikuti oleh PDIP, dan PKB menduduki posisi ketiga.


"Insyallah kita akan mendapat kursi ke-3 dari Dapil Riau I. Data suara yang sudah masuk menunjukkan bahwa kursi pertama ditempati oleh Partai Golkar, kemudian kursi kedua oleh PDIP, dan kursi ketiga akan ditempati oleh PKB," ungkap Abdul Wahid kepada bukamata.co pada Sabtu sore (17/2/2024) melalui telepon dari Pekanbaru, Riau.


Abdul Wahid juga memastikan bahwa PKB akan mendapatkan satu kursi di Dapil Riau II. Menurutnya, PKB akan menduduki kursi kedua setelah Partai Golkar di Dapil tersebut.


"Kami berharap agar proses penghitungan suara berlangsung lancar tanpa adanya kecurangan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan suaranya pada wakil-wakil yang diusung oleh PKB Riau," tambah Wahid, yang juga merupakan anggota Komisi III DPR RI.


Dalam pemantauan situs pemilu2024.kpu.go.id, dari tujuh nama calon legislatif PKB Riau dari Dapil Riau I, Iyeth Bustami, seorang artis dangdut nasional, mendominasi perolehan suara dengan total 18.268 suara, diikuti oleh mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Irwan Nasir, dengan 7973 suara.


Di Dapil Riau II, Abdul Wahid sendiri memperoleh suara sebanyak 34.236 suara, disusul oleh Mafirion dengan 5.625 suara. Total perolehan suara PKB di Dapil Riau II mencapai 51.406 suara, menurut data dari KPU yang mencakup sekitar 37.17 persen dari total Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. (*)