Pemikiran Pendidikan Islam (Buku Ajar Mahasiswa)

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pemikiran Pendidikan Islam (Buku Ajar Mahasiswa)

Kamis, 01 Februari 2024

 


Judul           : Pemikiran Pendidikan Islam

Pengarang   Dr. Ida Maiyanti A. Rajamuddin, MM.,M.Pd

Penerbit         : PT. Indragiri Dot Com

e-mail             : indragiridotcom@gmail.com

No. Katalog    : 176/e-Kat.2024


SINOPSIS

Pemikiran Pendidikan Islam merujuk pada gagasan-gagasan dan teori-teori tentang pendidikan yang berdasarkan pada ajaran-ajaran Islam. Pendidikan Islam mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan formal di lembaga-lembaga pendidikan Islam, hingga pendidikan informal dalam keluarga dan masyarakat. Pemikiran Pendidikan Islam telah berkembang sejak awal Islam, dimulai dengan pengajaran langsung dari Nabi Muhammad SAW. Serta beberapa tokoh penting dalam sejarah Pemikiran Pendidikan Islam antara lain Imam Al-Ghazali, Ibn Sina, Al-Farabi, dan Ibn Khaldun.

       Beberapa prinsip utama Pemikiran Pendidikan Islam meliputi pentingnya pendidikan sebagai kewajiban bagi setiap Muslim, pentingnya pembelajaran untuk mencapai kebijaksanaan dan kebenaran, dan pentingnya pengembangan karakter dan moralitas yang baik. Selain itu, Pemikiran Pendidikan Islam juga menekankan pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan umat manusia.

       Dalam konteks modern, Pemikiran Pendidikan Islam terus berkembang dan diadopsi oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, ada upaya yang lebih besar untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip Pemikiran Pendidikan Islam ke dalam kurikulum pendidikan formal, dan untuk mengembangkan model-model pendidikan Islam yang lebih inklusif dan modern.

       Aktivitas yang bergerak dalam proses pembinaan kepribadian muslim, maka pendidikan Islam memerlukan asas atau dasar yang dijadikan landasan kerja. Dasar adalah landasan tempat berpijak atau tegaknya sesuatu agar sesuatu itu tegak tokoh berdiri. Dasar suatu bangunan adalah pondasi yang menjadi bangunan itu. Adapun dasar ideal pendidikan Islam sudah jelas dan tegas yaitu firman Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW. Kalau pendidikan diibaratkan bangunan, maka al-Qur’an dan Hadits-lah yang menjadi pondasinya. Dalam buku yang berjudul pengantar filsafat pendidikan Islam, terkait dengan dasar pendidikan Islam, Ahmad Marimba mengatakan ‘Singkat dan tegas ialah firman Allah dan Sunnah Rasulullah SAW’.[1]

       Inilah menjadikan pendidikan agama Islam sangat penting, karena dasarnya adalah kitab suci terbaik dan sunnah nabi yang juga bersumber dari manusia terbaik. Akan tetapi, pendidikan agama Islam, sangatlah luas cakupan dan materinya, sehingga di dalam buku yang sederhana ini, kami menyusunnya dengan standar kebutuhan pembaca (mahasiswa) di kampus.

         Buku ini merupakan sebuah pengantar bagi mahasiswa/i yang ingin mendalami lebih jauh berkenaan dengan pendidikan agama Islam. Semoga buku ini dapat memberikan kemudahan bagi pembaca dan semoga ada berkah dan keridhaan Allah SWT, sehingga dapat memberikan kemanfaatan khususnya bagi kami penyusun, Amin ya Rabbal ‘aalamiin.

 



[1] Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Islam, (Bandung : Al-Ma’rif, 1962), h.41.