Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

MPLS SMP Negeri 1 Kateman: Kreativitas dan Pembentukan Karakter Siswa Baru

Rabu, 10 Juli 2024



INDRAGIRI.com, Guntung - SMP Negeri 1 Kateman telah sukses melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari, yang dimulai dengan kegiatan pengenalan dan kreativitas siswa baru. 


"Adapun atribut seperti topi dan papan nama yang dikenakan siswa baru, bukanlah bentuk perpeloncoan, melainkan sebagai bentuk kreativitas dan tanda pengenal menjelang siswa mengenakan atribut sekolah yang resmi pasca MPLS," Sebut Panitia Pelaksana.


Kegiatan MPLS diisi dengan berbagai materi yang sangat bermanfaat bagi siswa baru, termasuk:

  1. Pengenalan Kurikulum Satuan Pendidikan oleh Ibu Nuraini, S.Pd.
  2. Pengenalan Tata Tertib Sekolah oleh Bapak Erwin, S.Pd.
  3. Prestasi Sekolah oleh Ibu Reyni Gusdaninta Hari Utami, S.Pd.G.r.
  4. Pembentukan Karakter oleh Ibu Siti Aminah, S.Ag.
  5. Pola Hidup Bersih dan Sehat oleh Ibu Rahmatan, S.Pd.
  6. Penguatan Kesadaran Bela Negara oleh Bapak Safarudin, S.Pd.
  7. Pengenalan Budaya Daerah oleh Ibu Desmalita, S.Pd.
  8. Literasi Digital dan Literasi Keuangan oleh Ibu Indah Purnamaya, S.Pd.


Pada hari kedua, kegiatan ini turut dihadiri oleh Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Kateman. Hari ini, Rabu 10 Juli 2024, dijadwalkan beberapa perlombaan dan pemberian reward bagi peserta MPLS yang aktif, kreatif, dan inovatif. "Selanjutnya, schedule nanti adalah penutupan," terang perwakilan sekolah.


Di tengah kesibukan guru-guru yang melayani siswa baru yang meminta tanda tangan, anggota OSIS yang merupakan panitia pelaksana MPLS terlihat sibuk memandu adik-adik kelas yang ingin melihat laboratorium dan perpustakaan.


Salah seorang siswa baru, Ahmad, menyatakan rasa antusiasnya terhadap kegiatan MPLS ini. "Saya sangat senang mengikuti MPLS di SMPN 1 Kateman. Kegiatannya seru dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Tidak sabar untuk mulai belajar di sini," ungkapnya.


Menurut Kepala Sekolah Ibu Halijah, M.Si , seluruh siswa baru sangat bersemangat mengikuti agenda MPLS ini. "Karena memang sedari awal mereka tahu, bahwa SMPN 1 Kateman merupakan Sekolah Penggerak yang telah banyak mencetak siswa dan alumni berprestasi. Bantu doa, semoga satuan pendidikan ini semakin gemilang dan terus berkiprah di dunia pendidikan," pungkasnya. (Rep/Leman)